Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Inpres Bungawaru
Kelas/ Semester : 4/ 1(Satu)
Mata Pelajaran : IPA
Materi :
Bentuk-bentuk Energi
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (70 menit)
A.
Kompetensi
Dasar
Afektif
2.1
Menunjukan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi sikap dalam melakukan
inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
kognitif
3.4
Membedakan berbagai bentuk energi melalu
pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
psikomotor
4.7
Menyajikan laporan hasil
pengamatan tentang teknologi yang bersumber dari bentuk-bentuk yang digunakan
di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan
memanfaatkan teknologi tersebut.
B.
Tujuan
pembelajaran
Kognitif
1. Siswa
dapat menyebutkan sumber energi gerak dan contohnya
2. Siswa
dapat menyebutkan sumber energi bunyi dan contohnya
3. Siswa
dapat menyebutkan sumber energi panas dan contohnya
4. Siswa
dapat menyebutkan sumber energi kimia dan contohnya
5. Siswa
dapat menyebutkan sumber energi cahaya
dan contohnya
6. Siswa
dapat menyebutkan 5 manfaat sumber energi dalam kehidupan sehari-hari
Afektif
Psikomotor
7. Siswa
dapat membuat kincir angin dari kertas.
8. Siswa
dapat membuat laporan pengamatan tentang energi yang dapat dimanfaatkan dalam
kehidupan sehari-hari.
C.
Materi
Pembelajaran
Energi panas, energi
bunyi, energi gerak, energi kimia, energi cahaya, serta manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari. ( rincian materi terlampir pada lampiran 1)
D.
Metode
dan pendekatan pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model : Discovery Learnig
Metode : Tanya jawab, Diskusi, Eksperimen,
Ceramah.
E.
Media
dan Sumber Belajar
Sumber belajar : Buku Cerdas IPA Kelas 3 SD
Media : kincir angin, meja, lilin,
kertas basah,
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
A. Pendahuluan
(15 menit)
1.
Guru membuka pelajaran dengan penyapa peserta didik dan
menanyakan kabar mereka
2.
Guru meminta salah seorang peserta didik memimpin doa
3. Peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan
yang akan dilakukan dan tujuan yang akan dicapai dengan bahasa yang sederhana
dan dapat dipahami.
(Stimulus)
4. Guru
dan siswa membuat kincir angin.
5. Guru
dan siswa melakukan Tanya jawab tentang manfaat bentuk energi dari kegiatan
yang telah dilakukan oleh guru dan siswa
B. Inti
( Discovery Learning) menggunakan LKS (40 menit)
Mengidentifikasi
Masalah
1. Guru
menampilkan video animasi tentang benda-benda elektonik sementara siswa
mengamati video yang ditampilkan.
2. Guru
membimbing siswa mengidentifikasi masalah yang terdapat dalam video tersebut.
Mengumpulkan
Data, menganalisis data dan pembuktian.
1. Guru
membagi siswa ke dalam 5 kelompok dan setiap anggota memiliki tugas yang
berbeda, ada siswa yang menjadi tim pengamat dan ada siswa yang menjadi tim percobaan
2. Guru
membagikan lembaran LKS kepada setiap kelompok. ( LKS terlampir pada lampiran 2)
3. Guru
membimbing siswa melakukan percobaan sesuai dengan LKS yang telah dibagikan.
Kesimpulan
4. Setiap
perwakilan kelompok mempresentasikan hasil laporan diskusi di depan kelas.
C. Penutup
(15 menit)
1. Guru
dan siswa bersama-sama menyimpulkan
pembelajaran pada hari ini
2. Guru
memberikan umpan balik dengan memberikan tugas mengamati benda-benda yang
menghasilkan energi yang ada di lingkungan sekitar.
G.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a. Penilaian
sikap : Pengamatan
b. Penilaian
pengetahuan : Tes tertulis
c. Penilaian
keterampilan : Unjuk kerja
2. Instrument
penilaian
a. Penilaian
sikap
Lembar pengamatan sikap ( terlampir pada
lampiran 3)
b. Penilaian
pengetahuan
·
Lembar
soal pilihan ganda ( terlampir pada lampiran
4)
·
Lembar soal esai (terlampir pada lampiran 5)
c. Penilaian
keterampilan
Lembar penilaian kinerja membuat kincir
angin dari kertas ( terlampir pada lampiran
6)
L
A
M
P
I
R
A
N
Lampiran
1
Peta
Konsep
Lampiran
2
LEMBAR
LKS
Kegiatan
Praktik IPA I:
1. Topik/
tema/ judul kegiatan : Bentuk-bentuk energi
2. Tujuan
kegiatan :
a. Siswa
dapat menyebutkan sumber energi gerak dan contohnya
b. Siswa
dapat menyebutkan sumber energi bunyi dan contohnya
c. Siswa
dapat menyebutkan sumber energi panas dan contohnya.
d. Siswa
dapat menyebutkan energi kimia dan cahaya
e. Siswa
dapat menyebutkan 5 manfaat sumber energi dalam kehidupan sehari-hari.
Lakukanlah!
A. Membuat
kincir angin
1. Alat
dan bahan :
a. Kertas
b. Gunting
c. Lem
d. Pentul
e. Karet
energi
f.
Sedotan
g. Bungkusan
permen
2. Sumber
belajar:
Kincir angin
3. Cara membuat kincir angin :
a. Ambilah
sebuah kertas
b. Gambarlah
pola kincir angin yang kamu inginkan. Agar lebih mudah, lipatlah kertas yang
telah di gambar pola untuk mempermudah anda dalam menggunting.
c. Guntinglah
bekas lipatan menuju titik tengah.
d. Rekatkanlah
ujung bagian kertas yang telah dipotong energi tengah dengan menggunakan lem
(selang-seling).
e. Setelah
itu, rekatkan pada sedotan dengan menggunakan pentul dan tahanlah dengan kater sandal agar tidak
terlepas.
f.
Kemudian rekatkan dengan sedotan atau
gulungan kertas. Kincir angin siap digunakan.
B. Menemukan
bentuk-bentuk energi
1. Alat
dan bahan, serta sumber belajar:
a. Meja
b. Senter
c. Kertas
d. Botol
e. Air
f. Sendok
Lakukanlah
!
1. Doronglah
meja
Amatilah
kegiatan yang dilakukan oleh temanmu dan catatlah hasil pengamatanmu pada tabel
3.1, halaman 7
2. Nyalakanlah
senter
Amatilah
kegiatan yang dilakukan oleh temanmu dan catatlah hasil pengamatanmu pada tabel
3.1, halaman 7
3. Jemurlah
kertas basah
Amatilah
kegiatan yang dilakukan oleh temanmu dan catatlah hasil pengamatanmu pada tabel
3.1, halaman 7
4. Pukulah
botol
a. Isilah
setiap botol dengan volume air yang berbeda
b. Pukulah
botol tersebut dengan menggunakan sendok
Amatilah
kegiatan yang dilakukan oleh temanmu dan catatlah hasil pengamatanmu pada tabel
3.1, halaman 7
5. Diskusikanlah
dengan teman
6. Tulislah
hasil pengamatanmu pada lembar yang telah disediakan (tabel 3.1, hal. 7)
No.
|
Nama bahan
|
Bentuk energi
yang dihasilkan
|
Manfaat yang
dihasilakan dalam kehidupan sehari-hari
|
1.
|
|||
2.
|
|||
3.
|
|||
4.
|
PEMBAHASAN:
1.
Mengapa meja dapat berpindah ?
………………………………………………………………………………………………
2.
Energi apa yang dihasilkan ketika
mendorong meja?
………………………………………………………………………………………………
3.
Bagaimana botol dapat menghasilkan
bunyi?
………………………………………………………………………………………………
4.
Mengapa bunyi setiap botol berbeda-beda?
……………………………………………………………………………………………
5.
Energi apa yang dihasilkan ketika
memukul botol?
………………………………………………………………………………………………
6.
Mengapa senter bisa menyala?
………………………………………………………………………………………………
7.
Apa manfaat dari senter?
………………………………………………………………………………………………
8.
Apa manfaat dari energi panas dalam kehidupan sehari-hari?
………………………………………………………………………………………………
SIMPULAN
:
…...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………….
Lampiran
3
Penilaian
Pengamatan Sikap
Observasi Sikap Kerja
Sama
Nama
Peserta didik :
.....................................
Kelas : IV
Tanggal
Pengamatan :
.....................................
Kriteria
|
Skor
|
Indikator
|
Sangat Baik
|
4
|
Selalu
bekerjasama dalam mengerjakan tugas
|
Baik
|
3
|
Sering
bekerjasama dalam mengerjakan tugas
|
Cukup
|
2
|
Kadang-kadang
bekerjasama dalam mengerjakan tugas
|
Kurang
|
1
|
Tidak pernah
bekerjasama dalam mengerjakan tugas
|
Observasi Sikap Bertanggungjawab
Nama
Peserta didik :
.....................................
Kelas : IV
Tanggal
Pengamatan :
.....................................
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Siswa mengerjakan tugas
percobaan yang diberikan oleh guru
|
Keterangan
Kategori kenerja :
Kurang
(1) : Jika tidak satupun deskriptor
muncul
Cukup
(2) : Jika satu deskriptor muncul
Baik
(3) : Jika dua
deskriptor muncul
Sangat
Baik (4) : Jika tiga deskriptor
muncul
Deskriptor
:
Siswa mengerjakan tugas percobaan
yang diberikan oleh guru
1. Dengan
2. Dengan
3. Dengan
Observasi Sikap Kecermatan dan Ketelitian
Nama
Peserta didik :
.....................................
Kelas : IV
Tanggal
Pengamatan :
.....................................
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Membuat kincir angin
|
||||
2.
|
Menjawab soal dalam lembaran LKS
|
Keterangan
Kategori kenerja :
Kurang
(1) : Jika tidak satupun deskriptor
muncul
Cukup
(2) : Jika satu deskriptor muncul
Baik
(3) : Jika dua
deskriptor muncul
Sangat
Baik (4) : Jika tiga deskriptor
muncul
Deskriptor
:
a.
Membuat
kincir angin
1.
Secara rinci
2.
Secara lengkap
3.
Secara sistematis
(sesuai prosedur)
b.
Menjawab
soal-soal dalam lembaran LKS
1.
Secara rinci
2.
Secara lengkap
3.
Secara sistematis
Observasi Sikap Rasa Ingin Tahu
Nama
Peserta didik :
.....................................
Kelas : IV
Tanggal
Pengamatan : .....................................
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Menggali
informasi dari video
yang di nonton
|
||||
2.
|
Menggai informasi dari percobaan yang dilakukan.
|
Keterangan
Kategori kenerja :
Kurang
(1) : Jika tidak satupun deskriptor
muncul
Cukup
(2) : Jika satu deskriptor muncul
Baik
(3) : Jika dua
deskriptor muncul
Sangat
Baik (4) : Jika tiga deskriptor
muncul
Deskriptor
:
a. Menggali
informasi dari video
yang di nonton.
1.
Menggali informasi secara rinci
2.
Menggali informasi secara lengkap
3.
Menggali informasi secara sistematis
b. Menggali
informasi dari percobaan
yang dilakukan.
1.
Menggali informasi secara rinci
2.
Menggali informasi secara lengkap
3.
Menggali informasi secara sistematis
Lampiran
4
A.
Pilihan
ganda
Berilah tanda silang
(X) pada jawaban yang anda anggap benar!
1. kemampuan untuk melakukan kerja
sampai usaha disebut….
a. Energi c. panas kunci: a
b. Listrik d. gerak
2. Perhatikan
daftar aktifitas di bawah ini:
1. Lilin yang menyala 3. Air yang di masak 5.
Seruling yang ditiup
2. kertas
yang terbakar 4.
batu yang dilempar 6. Makanan
yang dimakan
dari
daftar di atas, manakah aktifitas yang
dapat menghasilkan energi panas ?
a. 1,
4, 3 c. 2, 1, 5 kunci: b
b. 1,
2, 3 d. 4, 5, 6
3. Dibawah
ini manakah yang bukan termasuk dalam
contoh energi bunyi ?
a. Lia
menuip seruling c. Tasya mengangkat
kursi kunci: c
b. Dedi
memukul gendang d. Tasya memukul
meja
4. Sumber
energi gerak adalah….
a. Otot c. tangan kunci: a
b. Tenaga d. kaki
5. Perhatikan
daftar aktivitas sehari-hari di bawah ini.
1. menonton TV 3. Menendang bola 5. Memakan roti
2. Mendengar
Radio 4. Menyetrika pakaian 6. Menjemur baju
Dari
daftar di atas, manakah aktivitas yang membutuhkan energi listrik?
a. 1,
2, 3 c. 4, 5, 6 kunci
: d
b. 2,
3, 4 d. 1, 2, 4
Lampiran
5
B.
Essay
1. Mengapa
meja yang didorong dapat berpindah?
2. Sebutkan
5 manfaat energi panas dalam kehidupan sehari-hari !
3. Sebutkan
sumber energi yang dapat dimanfaatkan untuk teknologi !
4. Buatlah
laporan pengamatan tentang energi yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan
sehari-hari.
Rubrik
Penilaian Essay
No soal
|
Descriptor
|
||
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
|
1.
|
Menjelaskan
dengan singkat, tapi tidak padat dan tidak jelas
|
Menjelaskan
dengan singkat, padat, tapi tidak jelas
|
Menjelaskan
dengan singkat, padat, dan jelas
|
2.
|
Menyebutkan
1 sampai 2 manfaat energi panas
|
Menyebutkan
3 sampai 4 manfaat energi panas
|
Menyebutkan
5 manfaat energi panas
|
3.
|
Menyebutkan
1 sampai 2 bentuk energi
|
Menyebutkan
3 sampai 4 bentuk energi
|
Menyebutkan
5 sampai 6 bentuk energi
|
4.
|
Menulis
dengan rapi tapi tidak menggunakan kalimat yang jelas, dan tidak sistematis sistematis
|
Menulis
dengan rapi, menggunakan kalimat yang jelas, tetapi tidak sistematis
|
Menulis
dengan rapi, menggunakan kalimat yang jelas, dan sistematis
|
Lampiran
6
Penilaian
Keterampilan
Penilian Praktek
No
|
Rincian
kinerja
|
Skor
(1-3)
|
Bobot
|
Nilai
|
1.
|
Membuat
pola pada kertas
|
|||
2.
|
Menggunting
kertas yang sudah digambar pola
|
|||
3.
|
Melipat
kertas yang telah diguntig
|
|||
4.
|
Menempel
kertas pada batang kincir angin
|
Rubrik
Penilaian Kinerja
No
|
Rincian kinerja
|
Descriptor
|
||
Kurang (1)
|
Cukup
(2)
|
Baik (3)
|
||
1.
|
Membuat
pola pada kertas
|
Tidak
menggunakan ukuran
|
Menggunakan
ukuran yang tidak standar (tidak menggunakan mistar
|
Menggunakan
ukuran yang standar (mistar)
|
2.
|
Menggunting
kertas yang sudah di gambar pola
|
Menggunting
tidak sesuai pola
|
Menggunting
sesuai pola tapi masih ada yang melenceng
|
Menggunting
sesuai pola
|
3.
|
Melipat
kertas yang telah digunting
|
Melipat
tidak sesuai hasil guntingan
|
Melipat
sesuai dengan hasil guntingan tapi masih ada yang tidak seimbang
|
Melipat
sesuai dengan hasil guntingan
|
4.
|
Menempel
kertas pada batang incir angin
|
Menempel
tidak seimbang dengan batang kincir angin
|
Menempel
dengan kuat tapi tidak seimbang dengan batang kincir angin
|
Menempel
dengan kuat dan seimbang dengan batang kincir angin
|
nice
BalasHapusLuar biasaaaa
BalasHapus